Pemerintahan

pariwisata kabupaten jember
space ads post kiri
Topik Terhangat

24 Puskesmas di Kabupaten Blitar Terkendala Jadi BLUD

  • Senin, 8 Januari 2018 | 21:15
  • / 20 Rabiul Akhir 1439
  • Dibaca : 55 kali
24 Puskesmas di Kabupaten Blitar Terkendala Jadi BLUD
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dr.Christine Indrawati

Memontum Blitar – Di Kabupaten Blitar sebanyak 24 Puskesmas masih terkendala untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Hal ini dikarenakan, hingga saat ini Peraturan Bupati (Perbub) terkait hal tersebut belum terbit.

Di akhir 2017 lalu, tim penilai dari Kabupaten Blitar sudah melakukan rapat untuk memutuskan mana saja Puskesmas yang layak dan belum layak berstatus BLUD. Dari hasil rapat tersebut tim penilai memutuskan 24 Puskesmas layak untuk menyandang status BLUD.

“Ke 24 Puskesmas tersebut hanya tinggal menunggu Perbub saja”, kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dr.Christine Indrawati, Senin (8/1/2018).

Christine Indrawati mengaku, jika pihaknya sudah mengajukan Perbub itu sejak pertengahan Desember kemarin untuk penetapan secara resmi. Namun hingga saat ini Perbub tersebut belum terbit.

“Untuk saat ini, kami masih menunggu turunnya Perbup sebagai landasan hukum yang jelas. Sehingga ke depan 24 Puskesmas itu bisa segera menerapkan peningkatan status menjadi BLUD”, tandasnya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar ini berharap, dalam waktu dekat ini Perbub tersebut bisa segera disahkan.

“Tentu harapan kami Perbup segera disahkan. Agar kesulitan pembiayaan operasional Puskesmas yang biasanya harus menunggu pencairan dana dari kas daerah segera teratasi”, ungkapnya.

Status BLUD bagi 24 Puskesmas ini nantinya sifatnya masih belum penuh. Artinya dalam segi pengelolaan administrasi dan keuangan ada beberapa hal yang dibatasi.

“Kewenangan penuh ada pada Puskesmas. Namun ada beberapa poin yang masih dibatasi”, pungkas dr Christine Indrawati. (an/jar/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional