Pemerintahan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Bupati Blitar Tanda Tangani 5 Ranperda Jadi Perda

  • Senin, 16 Juli 2018 | 22:52
  • / 3 Djulqa'dah 1439
Bupati Blitar Tanda Tangani 5 Ranperda Jadi Perda
Bupati Blitar Rijanto bersama Pimpinan DPRD Kabupaten Blitar menandatangai 5 Ranperda yng ditetapkan sebagai Perda

Memontum Blitar – Bupati Blitar Rijanto bersama Pimpinan DPRD Kabupaten Blitar menandatangai 5 Ranperda yang telah dibahas oleh Pansus maupun Komisi dan akhirnya ditetapkan menjadi Perda, dalam Rapat Paripurna, Senin (16/07/2018). Kelima Perda yang telah ditetapkan tersebut diantaranya, Perda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2017, Perda tentang Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Miskin, Perda tentang Penyelenggaraan Jalan Daerah, Perda tentang Izin Usaha Peternakan dan Kesehatan Hewan, serta Perda tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum Ketentraman dan Perlindungan Masyarakat.

Bupati Blitar, Rijanto usai rapat paripurna menyampaikan, pemberian bantuan hukum bagi masyarakat miskin merupakan manifestasi dari hadirnya negara hukum yang mengakui, melindungi dan menjamin hak asasi warga negara termasuk kebutuhan akses terhadap keadilan dan kesamaan kedudukan di hadapan hukum.

“Dengan adanya Perda tentang Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Miskin, maka kepentingan rakyat miskin terhadap hukum bisa terlindungi,” kata Rijanto.

Lebih lanjut Rijanto menyampaikan, sedangkan untuk Perda tentang Penyelenggaraan Jalan Daerah, ini merupakan implementasi amanat undang-undang nomor 38 tahun 2004 tentang jalan, yang diletakkan dalam bingkai penyelenggaraan otonomi daerah sesuai cakupan kewenangan daerah berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Menurut Rijanto, Perda tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum, Ketenteraman Serta Perlindungan Masyarakat ini, nantinya akan menjadi landasan bagi sistem penegakan hukum, penanganan gangguan ketertiban dan ketenteraman, serta perlindungan masyarakat.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional