Pemerintahan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Sekolah Pasar Kota Malang, Tingkatkan Daya Jual Pedagang

  • Selasa, 17 Juli 2018 | 19:23
  • / 4 Djulqa'dah 1439
  • Dibaca : 26 kali
Sekolah Pasar Kota Malang, Tingkatkan Daya Jual Pedagang
Kabid Pengelolaan Pasar Rakyat Dr Eko Sya S Sos MM, menunjukan papan lokasi Sekolah Pasar. (gie)

Memontum Kota Malang – Sekolah Pasar yang diadakan oleh Dinas Perdagangan semakin hari semakin banyak peminatnya. Sampai saat ini sudah 100 orang lebih para pedagang pasar di Kota Malang, yang memanfaatkan sekolah pasar untuk selalu meningkatkan edukasi bagaimana untuk berdagang agar semakin lebih baik.

Kabid Pengelolaan Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Malang Dr Eko Sya S sos MM, mengatakan bahwa Sekolah Pasar sudah direncanakan sejak Tahun 2017. Saat ini Sekolah Pasar sudah dimulai di area Pasar Oro-Oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

” Sekolah pasar ini sudah kami konsep sejak 2017. memberikan esukasi kepada para pedagang maupun pengguna pasar lainnya. Kami adakan 1 bulan 2 kali pertemuan. Karena bentuknya penyuluhan dan edukasi, kami selaiu datangkan para praktisi,” ujar Eko.

Sekolah Pasar memiliki manfaat yang baik untuk perkembangan para pedagang. Oleh karena selama.ini respon yang di dapat juga cukup baik.

“Sudah 100 pedagang yang ikut dalam.sekolah ini. Mereka diberikan pembekalan dan pelatihan mengajarkan bagaimana etika berjualan, bagaimana berjualan yang sehat, cara menjaga kebersihan, etika berkomunikasi yang baik dengan para pembeli dan juga sesama para pedagang lainnya. Caranyang baik mengemas dagangannya supaya menarik dan sehat,” ujar Eko.

Supaya tidak menanggu aktifitas berdagang, sekolahnpasar diadakan siang hari. ” Karena ini adalah kegiatan yang bermanfaat nantinya bakal semakin banyak yang mengikuti sekolah pasar. Kita mengadakannya juga siang hari supaya tidak mengganggu aktifitas para pedagangbyang berjualan pagi,” ujar Eko.

Agus Yanto, Devisi Kredit Micro Bank Bukopin Cabang Malang, yang pada Selasa (17/7/2018) siangbdatang ke Pasar Oro-Oro Dowo, menilai bahwa sekolah Pasar cukup bermanfaat untui para pedagang untuk meningkatkan kelasnya. ” Sekolah Pasar ini sangat istimewa karena sepertinya baru ada di Kota Malang. Memang perlu sinergitas Dinas Pasar dengan kita lembaga keuangan. Kalau ada pedagang yang juga butuh dana kami siap bekerjasama,” ujar Agus. (gie/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional