Pemerintahan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
iklan Ucapan Partai Demokrat HUT Kota Batu
iklan Ucapan Partai Gerindra HUT Kota Batu
iklan Ucapan Partai Golkar HUT Kota Batu
iklan Ucapan Partai Keadilan Nurani Nasional HUT Kota Batu
iklan Ucapan PDI HUT Kota Batu
iklan Ucapan KNPI HUT Kota Batu
iklan Ucapan Camat Batu HUT Kota Batu
lenjag

Kasdim 0815 Mojokerto Pemateri Optimalisasi Peran Satuan Linmas

  • Rabu, 25 Juli 2018 | 23:44
  • / 12 Djulqa'dah 1439
Kasdim 0815 Mojokerto Pemateri Optimalisasi Peran Satuan Linmas
Kasdim 0815 Mojokerto saat memberikan materi di hadapan anggota Linmas

Memontum Mojokerto – Kepala Staf Kodim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, hadir sekaligus menjadi pemateri pada kegiatan Optimalisasi Peran Satuan Linmas Desa/Kelurahan Dalam Pam Swakarsa di Daerah, Rabu (25/07/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mojokerto, berlangsung di Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disnakertrans Provinsi Jatim, Jalan Raya Jabon KM 4, Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, dihadiri Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Mojokerto, Drs. Karel, MM, Kasi Tramtib dan Perwakilan Linmas se-wilayah Kabupaten Mojokerto.

Dihadapan 85 orang anggota Linmas peserta optimalisasi, Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, memaparkan materi bertajuk Peran Linmas Dalam Upaya Bela Negara Dalam Rangka Menciptakan Ketahanan Nasional Dan Keutuhan NKRI.

Di awal materi, Kasdim 0815, mengajak peserta untuk mengingat kembali sejarah nusantara pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit yang runtuh akibat perang saudara karena perebutan kekuasaan, “Setelah Indonesia Merdeka, kondisi negeri ini masih dirongrong beberapa kali pemberontakan bersenjata. Sejarah masa lalu itu harus kita jadikan pedoman agar tidak terulang di masa mendatang,” tegas Kasdim.

Lebih lanjut Kasdim menjelaskan, bahwa bela negara merupakan hak dan kewajiban seluruh Warga Negara Indonesia dan seluruh komponen masyarakat termasuk diantaranya Satuan Linmas. Hal ini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) yang dianut Negara Indonesia.

“TNI sebagai komponen utama, warga negara/rakyat terlatih sebagai komponen cadangan, dan komponen pendukung terdiri dari Garda Bangsa (Satpol PP, Linmas, Menwa, dan lain-lain), termasuk industri strategis nasional dan sumber daya alam maupun buatan,” jelas Kasdim.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional