Pemerintahan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Satgas TMMD – Disnakertrans Tuntaskan Pembekalan Kewirausahaan bagi Ibu-ibu Desa Jembul

  • Jumat, 27 Juli 2018 | 20:50
  • / 14 Djulqa'dah 1439
  • Dibaca : 131 kali
Satgas TMMD – Disnakertrans Tuntaskan Pembekalan Kewirausahaan bagi Ibu-ibu Desa Jembul
Suasana pembekalan kewirausahaan ibu ibu Desa Jembul oleh Disnakertrans

Memontum Mojokerto – Selama dua pekan lebih, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Kerja (PK) Mojokerto Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jatim (dulu BLK-red), memberi materi teori dan praktek kewirausahaan yang dikemas dalam bentuk Pelatihan Mobil Training Unit (MTU) kepada kaum perempuan Desa Jembul.

Pelatihan MTU bertajuk “Pelatihan Keterampilan Kejuruan Pengolahan Hasil Pertanian Program Peningkatan Kualitas Dan Produktivitas Tenaga Kerja”, diikuti 25 peserta yang semuanya kaum hawa Desa Jembul.

Mohammad Makhfud, instruktur yang ditunjuk dari UPT PK Mojokerto, saat ditemui di lokasi kegiatan, Kamis (26/07/2018), menuturkan, pelatihan kewirausahaan ini disenggarakan dalam rangka mendukung TMMD Reguler Ke-102 Kodim 0815 Mojokerto.

“Pelatihan ini sudah dimulai sejak tanggal 10 Juli 2018 lalu, dan hari ini, Kamis (26/07) praktek pembuatan roti kukus gula palem dan besok, Jum’at (27/08) tinggal evaluasi sekaligus akhir dari pelatihan MTU,” ungkapnya.

Di tempat terpisah Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Inf Supriyanto, saat dikonfirmasi mengatakan, pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan Satgas TMMD bekerjasama dengan UPT PK Disnakertans Provinsi Jatim sangat bermanfaat bagi kaum perempuan Desa Jembul.

Masih kata Danramil, melalui keterampilan yang didapat dari pelatihan ini, diharapkan ibu-ibu warga Jembul dapat mempraktekan dan mengembangkannya dengan kegiatan bernilai ekonomis sehingga menambah pendapatan yang dapat menopang ekonomi keluarga.

Sementara, Ibu Supardi (43), salah satu peserta pelatihan, mengaku senang dengan adanya pelatihan keterampilan ini, sehingga dirinya bersama ibu-ibu lainnya dapat mengetahui dan mengenali hasil pertanian yang dapat diolah menjadi makanan yang bernilai ekonomis. “Ilmunya dapat rezekinya merapat”, ucapnya dengan wajah sumringah.

Tidak cukup itu saja, selama dua minggu dilatih, dirinya sudah bisa mempraktekan membuat beberapa jenis kue seperti donat ubi, nastar, castengel dan rendang. Masih katanya, keterampilan yang didapat ini akan dipraktekannya untuk membuka usaha kecil-kecilan sehingga dapat menghasilkan uang tambahan.

Dirinya mewakili ibu-ibu yang mengikuti kegiatan tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada instruktur dari Disnaker Provinsi Jatim dan Satgas TMMD Kodim Mojokerto, yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan keterampilan kewirausahaan bagi ibu-ibu Desa Jembul.(den/gan/ono)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional