Pemerintahan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Banawa Nusantara XI Siap Bawa Wisatawan Keliling Laut Situbondo

  • Senin, 17 September 2018 | 19:58
  • / 6 Muharram 1440
  • Dibaca : 137 kali
Banawa Nusantara XI Siap Bawa Wisatawan Keliling Laut Situbondo
WISATA KAPAL: Bupati H.Dadang dan Wabup H.Yoyok menaiki KM Banawa Nusantara XI usai upacara Harhubnas, kemarin (im)

Memontum Situbondo – Mulai saat ini wisawatan yang datang ke Situbondo bisa menikmati luasnya pantai Situbondo melalui tengah laut. Itu setelah kapal semi pesiar bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diresmikan Bupati H.Dadang Wigiarto,SH. Senin (17/9/2018). Ialah KM Banawa Nusantara XI yang bersedia membawa anda keliling laut Situbondo. Bisa melihat-lihat keindahan pantai Tampora di Kecamatan Sumbermalang, sampai menikmati bibir pantai Bama di Kecamatan Banyuputih.

Peresmiannya bersamaan dengan peringatan hari perhubungan nasional (harhubnas) yang dipusatkan di Pantai Kalbut, pagi kemarin. Bupati H.Dadang dan Wabup Ir H Yoyok Mulyadi,M.Si bersama beberapa Kepala SKPD bahkan sempat mencoba menaiki kapal berkapasitas 50 penumpang itu. Usai memimpin upacara Harhubnas kemarin, bupati H.Dadang mengatakan, Kabupaten Situbondo saat ini sedang gencar-gencarnya mengembangkan dunia parwisata. Tahun 2019 nanti, pemerintah berani mencanangkan sebagai tahun kunjungan wisata.

Kata dia, adanya bantauan kapal semi pesiar dari Kemenhub itu menjadi nilai tarik sendiri bagi para pengunjung. Karena itu, dia berpesan kepada jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Situbondo untuk merawat dan menjaganya dengan sebaik-baiknya, serta memanfaatkan untuk kepentingan kemajuan wisata.

Bupati H.Dadang mengatakan, peran Dishub sangat vital untuk mendukung suksesnya tahun kunjungan wisata 2019. Dengan garis pantai yang sangat panjang, tentu Dishub melalui transportasi lautnya memiliki daya tarik tersendiri. “Lebih ramah dalam penyambutan agar wisatawan betah di Situbondo,” harapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo Drs.Tulus Prijatmadji, menambahkan, KM Banawa Nusantara XI akan dimanfaatkan untuk kepentingan wisata laut. Dia mengatakan, pengunjung bisa menyewakannya untuk keliling laut Situbondo. “Ini bentuk partisipasi kami dalam menyongsong tahun kunjungan wisata,” katanya.

Tulus menerangkan, pada akhir tahun nanti, akan ditambah dengan speed boat yang merupakan bantuan dari Kemenhub. Kapasitasnya 20 orang. “Kita yang mengusulkan ke kementerian, dan tidak semua daerah mendapatkan bantuan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Tulus mengaku, dalam peringatan Harhubnas 2018, Dishub menggelar beberapa kegiatan. Di antaranya, senam di arena car free day (CFD), pembagain doorprize, serta uji emisi asap gratis. Puncaknya adalah upacara yang dilaksanakan di Pantai Kalbut. Kemarin, Bupati H Dadang juga menyerahkan secara simbolis kendaraan untuk koperasi kelompok masyarakat. Di antaranya ada truk, pikap, dan minibus. (im/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional