Pemerintahan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Setahun, Wisatawan Malang Tembus 16 Juta

  • Senin, 17 September 2018 | 20:11
  • / 6 Muharram 1440
  • Dibaca : 42 kali
Setahun, Wisatawan Malang Tembus 16 Juta
salah satu wisata pantai wilayah Kab Malang

Memontum Malang – Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang terus meningkat,setahun hingga tembus angka 16 juta. Tingginya wisata tersebut menjadi magnet para pelancong baik lokal hingga internasional. Bupati Malang, Dr.H.Rendra Kresna mengatakan, upaya menarik para wisatawan melalui wisata pantai menjadi poin penting untuk terus dikembangkan.

“Jika berkaca pada tahun 2017, jumlah wisatawan yang berkunjung di tempat wisata Kabupaten Malang sudah mencapai 16 juta. Pemkab juga akan terus kembangkan, tak terkecuali wisata pantai berbasis konservasi,” terang Rendra, Senin (17/9/2018)siang tadi. Menurutnya, saat ini masih ada diantaranya di Pantai 3 Warna Clungup dan Bantol yang masuk kategori kawasan konservatif pantai.

“Kami berharap terus tumbuh berkembang, pemuda desa dengan difasilitasi juga oleh rekan penggiat lingkungan dan Dinas Lingkungan Hidup. Tak kalah pentingnya keberadaan para mahasiswa selaku agen perubahan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat agar mengexplore pantai dengan disertai menjaga lingkungan hidup,” terang Rendra.

Perputaran ekonomi dari kepariwisataan, beber Rendra, salah satunya melalui giat Malang Beach Festival 2. Tidak hanya mereka para pelaku usaha yang ada disini. Melainkan juga kalangan-kalangan seperti pedagang kaki lima yang hadir berdatangan di sekitar kawasan pantai-pantai ini. Terutama pada Kirab Budaya tahun 2018, 29 September nanti, diyakininya di sepanjang jalan lintas selatan akan dipenuhi mereka baik dari Kabupaten Malang dan Malang Raya.

”Saat ini, kepariwisataan belum pada track penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Malang. Justru kita akan terus menggerakkan APBD kita untuk menyumbangkan berdirinya destinasi wisata-wisata. Jika sudah seatle, maka PAD itu akan datang dengan sendirinya. Pemkab Malang masih berusaha menciptakan dan push desa-desa dengan membantu mendirikan destinasi wisata baru. Diperkirakan, di tahun 2021 kepariwisataan ini mampu mendukung PAD,” pungkas Rendra. (Sur/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional