Pemerintahan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Walikota Sibolga Belajar Pengembangan UMKM ke Sidoarjo

  • Kamis, 27 September 2018 | 21:52
  • / 16 Muharram 1440
Walikota Sibolga Belajar Pengembangan UMKM ke Sidoarjo
KUNJUNGAN - Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menerima kunjungan rombongan Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk untuk belajar pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kotanya, Kamis, (27/9/2018)

Memontum Sidoarjo – Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menerima kunjungan kerja rombongan Walikota Sibolga, Propinsi Sumatera Utara, Syarfi Hutauruk di Pendopo Delta Wibawa, Kamis (27/9/2018). Rombongan Walikota ini belajar mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kotanya.

Dalam kunjungan ini, Walikota Sibolga, Syarfi datang bersama dengan beberapa kepala dinasnya. Syarfi mengatakan Sibolga merupakan kota dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu besar. Ada sekitar 95.000 jiwa. Hal ini jauh dibanding penduduk Kabupaten Sidoarjo yang mencapai 2,3 juta lebih. Selain itu, Sibolga merupakan daerah pesisir dan dikenal sebagai penghasil ikan laut.

“Tapi hingga saat ini hasil ikan itu belum mampu dikelola dan dipasarkan dengan baik. Lemahnya pertumbuhan industri kecil menengah, minimya pengetahuan dalam pemasaran produk hingga banyak hasil ikan laut yang dijual murah,” terangnya kepada Memo X, Kamis (27/09/2018).

Oleh karena itu, lanjut Syarfi Pemerintah Kota Sibolga berniat menugaskan secara khusus mengirim pegawai untuk belajar pengembangan UMKM dan pemasaran produk di Sidoarjo. Mereka khusus belajar mengembangkan UKM dan belajar cara memasarkan produk yang dihasilkan UMKM.

“Kami berharap UMKM bisa berkembang seperti di Sidoarjo,” pintahnya.

Sementara Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menyambut baik niat Walikota Sibolga itu. Menurutnya, Dinas Koperasi dan UMKM Sidoarjo dengan senang hati akan membantu Sibolga dalam mengembangkan UMKM. Menurutnya, sampai dengan saat ini total UMKM di Sidoarjo mencapai 200.000 lebih. Sedangkan dana bergulir yang dipinjamkan kepada para pelaku UMKM mencapai Rp 82 miliar. Dana ini dikelola oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sidoarjo.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional