Connect with us

Lumajang

Sidak PDAM, Bupati Lumajang Temukan Kejanggalan

Diterbitkan

||

Sidak PDAM, Bupati Lumajang Temukan Kejanggalan

Memontum Lumajang – Peningkatkan kualitas pelayanan publik di Pemerintahan kabupaten Lumajang terus digalakkan. Ini terbukti sejak hari pertama resmi dilantik hingga hari ini, Selasa (2/10/2018) Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq MML terus melakukan inspeksi langsung ke beberapa instansi dalam pemerintahannya.

Orang nomor satu di Kabupaten Lumanjang yang akrap disapa Cak Thoriq ini terus berturut-turut melakukan sidak, kali ini giliran PDAM, Dispenduk, dan Kantor Kecamatan Sukodono yang menjadi sasaran sidak. Beberapa kejanggalan ditemukan oleh Bupati yang baru ini, seperti keuangan PDAM yang dinilai kurang proporsional dalam pengelolaannya.

“Kami tadi ke PDAM cek semua staf, hitung potensi keuntungan termasuk biaya operasionalnya. Memang ada mispersepsi soal keuntungan, nanti akan kita cek lagi,” kata Cak Thoriq.

Bupati juga menyatakan jangan sampai ada perusahaan daerah yang modalnya dibiayai pemerintah tapi tidak menghasilkan keuntungan maksimal, apalagi malah rugi.

Cak Thoriq menyatakan akan mengevaluasi total PDAM, termasuk proporsionalitas pembiayaannya agar lebih rasional dan efektif. Untuk biaya investasi termasuk program bagi daerah rawan air, ia menyatakan bisa saja di-cover oleh pemerintah daerah, selanjutnya tinggal PDAM yang mengurus.

“Untuk keluhan air di daerah Ranuyoso, akan kami tindaklanjuti. Kalau di sana debit airnya memang kecil, tapi tadi ada kabar potensi air dengan debit air yang cukup besar bisa dimanfaatkan,” tuturnya.

Sementara itu di Dispenduk dan Kantor Kecamatan Sukodono, Cak Thoriq tidak menemukan masalah yang berarti soal pelayanan publik.

“Sempat saya cek, ada yang mengurus berkas 15 menit sudah selesai, ada yang 2 jam selesai. Pada prinsipnya untuk pelayanan publik akan terus ditingkatkan. Mobil administrasi keliling juga sudah disiapkan untuk melayani sampai ke desa-desa,” pungkasnya.(adi/yan)

Advertisement

Trending