Pemerintahan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Bursa Inovasi Desa di Jombang Targetkan Desa Mandiri dan Kreatif

  • Selasa, 30 Oktober 2018 | 19:43
  • / 19 Safar 1440
Bursa Inovasi Desa di Jombang Targetkan Desa Mandiri dan Kreatif

Memontum Jombang – Bupati Jombang Munjidah Wahab, berharap kegiatan Bursa Inovasi Desa Jombang tahun 2018 mampu memberi inovasi desa. Dengan adanya inovasi yang lahir, maka diharapkan setiap desa akan menjadi desa yang mandiri dan kreatif. Sehingga melalui program tersebut, dapat menggerakkan ekonomi desa.

Hal itu disampaikan Munjidah Wahab, usai membuka program bursa inovasi desa Kabupaten Jombang yang dilaksanakan di ballroom hotel Yusro, Selasa (30/10/2018). “Kegiatan ini diharapkan mampu memberi inovasi desa, dengan adanya inovasi desa ini, sehingga desa dijombang ini supaya berinovasi menjadi desa yang mandiri,kreatif ini yg diharapkan untuk penggunaan dana add dan dd ,jadi ini supaya berkelanjutan,” ujar Munjidah Wahab.

Sementara itu, Kokoh Irijanto ketua panitia Bursa Inovasi Desa mengatakan, bursa inovasi desa adalah satu kegiatan dari Program Inovasi Desa (PID). PID merupakan ruang pertukaran ide dan gagasan dari dan antar desa tentang berbagai kegiatan pembangunan yang bersumber dari Dana Desa. Ini bukan ruang bursa yang menampilkan barang atau produk yang sudah jadi.

Tidak ada transaksi secara ekonomis hanya gagasan pengalaman dari desa. Melalui BID tiap desa bisa mereplikasi atau mencontoh dan diterapkan di desanya sendiri sesuai dengan kebutuhannya.

Kokoh menjelaskan , terdapat 80 item materi bursa yang disediakan dari Kabupaten Jombang dan kabupaten lain,semua materi tersebut terbagi menjadi empat puluh lima berbentuk tulisan dan 35 berbentuk video secara garis besar semua materi terangkum dalam 3 bidang diantarany yakni Pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan. Kemudian peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemenuhan dan peningkatan infrastruktur.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional