Pemerintahan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Tanamkan Manfaat Bank Sampah, Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

  • Minggu, 18 November 2018 | 00:41
  • / 9 Rabiul Uula 1440
  • Dibaca : 49 kali
Tanamkan Manfaat Bank Sampah, Tingkatkan Perekonomian Masyarakat
Totok Daryanto, DPR RI Komisi VII. (gie)

Memontum Kota Malang – Untuk mewujudkan Indonesia bersih dan sehat, salah satunya adalah dentan cara meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan. Saat ini kesadaran masyarakat Malang Raya tentang lingkuangan yang bersih dari sampah sudah semakin meningkat. Bahkan dengan memanfaatkan adanya Bank Sampah, masyarakat dapat meningkatkan perekonomiannya.

Disela-sela pelatihan kewirausahaan Bank Sampah Malang Raya di Hotel Atria Kota Malang, Jumat (16/11/2018) siang, Totok Daryanto, DPR RI Komisi VII, dari fraksi PAN, mengatakan kalau kesadaran masyarakat Malang Raya, dalam menjaga kebersihan lingkungan sudah semakin tinggi. Sosialisasi pengembangan Bank Sampah dalam rangka peningkatan kapasitas pengelolaan sampah, cukup menarik. Karena dalam pertemuan ini para tokoh pengelolaan Bank Sampah Se Malang Raya dihadirkan untuk mengikuti pelatihan Entrepreneurship kewiirausahaan sosial Bank Sampah.

“Kami mengumpulkan tokoh Bank Sampah se Malang Raya, dari Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang. Sekitar 200 tokoh Bank Sampah hadir di sini. Kita juga kedatangan tamu dari Pasuruan dan Sidoarjo untuk ikut juga dalam pelatihan kewirausahaan untuk Bank Sampah. Bank Sampah Malang Raya sudah dalam tahap lanjut. Kalau sebelumnya, tahapan perubahan kesadaran masyarakat. Saat ini sudah dalam tahapan memanfaatkan sampah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi,” ujar Totok.

Salah satu misi sosialisasi ini untuk mendorong masyarakat untuk bisa berkreasi dari Bank Sampah. ” Kami mendorong pengelolaan Bank Sampah. Nanti kami juga akan usahakan supaya ada bantuan dari pemerintah. Supaya pemerintah juga memberikan kemudahan-kemudahan bagi usaha berbasis lingkungan. Target kami Indonesia bersih, Indonesia sehat dan masyarakat perekonomiannya semakin maju. Memanfaatkan limbah sebagai salah satu potensi yang bermanfaat. Ini sangat luar biasa. Memilah jemis sampah untuk dijual. Seperti bahan-bahan yang bisa digunakan untuk kerajinan seperti membuat tas dan lainnya,” ujar Totok. (gie/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional