Pemerintahan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Kunker Bupati Bondowoso, Lakukan Pembinaan ADD dan DD di Botolinggo

  • Rabu, 21 November 2018 | 19:41
  • / 12 Rabiul Uula 1440
  • Dibaca : 103 kali
Kunker Bupati Bondowoso, Lakukan Pembinaan ADD dan DD di Botolinggo

Memontum Bondowoso – Kunjungan Kerja Bupati Bondowoso dalam rangka pembinaan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa di wilayah kerja kecamatan Botolinggo, Tapen, Klabang, Prajekan dan kecamatan Cermee. Yang dihadiri sekitar 280 peserta yang terdiri dari Muspika, Kepala Desa, TP-PKK, Ketua Bumdes dan perangkat desa. bertempat di Pendopo Kecamatan Botolinggo, Rabu (21/11/2018).

Abdurrahman selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bondowoso Abdurrahman melaporkan kegiatan tersebut yang diwakilkan oleh Sekertaris Dinas PMD yakni Moh. Asnawi Sabil. “Kegiatan pada pagi hari ini merupakan kegiatan yang baru kita adakan di dinas kami. Karena kami berharap dari kegiatan ini menjadi ruang silaturrahim yang baru bagi pemimpin kami khususnya yakni Bupati sehingga bisa bertemu langsung dengan rekan-rekan kami, yakni para Kades beserta perangkat desa, Ketua Bumdes, dan ibu-ibu PKK desa,”paparnya.

Sekdin PMD juga menambahkan bahwa dengan pertemuan ini akan melahirkan pemaham yang sama mengelola pemerintahan desa. “Karena kami yakin dengan silaturahim inilah akan melahirkan pemahaman yang sama bagaimana mengelola pemerintahan desa terutama pasca Undang-undang desa yang hari ini memberikan ruang yang sangat luas bagi desa untuk berkreasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat desa,”kata Sabil.

Menurut Sabil, bisa dipahami Undang-undang desa bagai satu berkah tapi juga berpotensi musibah. “Oleh karena itu pembinaan pengelolaan ADD dan DD ini menjadi penting bagi kita semua karena kami ingin mengajak terutama dalam hal ini stakeholder, terlebih Kades dan perangkatnya bahwa dalam pengelolaan ADD dan DD kita harus sadar dan memahami betul apa yg menjadi landasan dan aturannya,”imbuhnya.

Desa diperlukan memiliki satu komitmen yang. Karena Anggaran ADD dan DD tidak sedikit di Bondowoso. Untuk informasi, nominal ADD yang dikucurkan ke Bondowoso sejumlah 98 Milyar, sedangkan untuk DD sebanyak 197 Milyar “Hampir 300 Milyar dana bergulir di desa. Ini luar biasa , ini satu berkah, kami yakin dengan dana sebesar ini, Pemdes mampu percepatan pembangunan, tidak hanya infrastruktur, tapi ekonomi, sosial dan pemberdayaan kemasyarakatan lainnya. Karena itu dalam kesempatan ini saya berharap pada semua Kades, mari kita kerjakan peran dan tanggung jawab ini sesuai tugas masing – masing bagai mana DD dan ADD ini sukses bersama,”harap Sabil.

Tidak jauh beda seperti yang disampaikan Bupati Bondowoso, Drs KH Salwa Arifin dalam sambutannya. “Kades dan BPD diharapkan ada keharmonisan, jangan sampai tidak harmonis. Dari PKK desa, Kepala Bumdes karena inilah yang juga andil menjalankan kepemerintahan di desa, bukan hanya Pak Kades. Alhamdulillah atas kekompakan dan kehadirannya,”pungkas Bupati.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional