Pemerintahan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Peringatan HKSN Diwarnai Penyerahan Bantuan

  • Selasa, 18 Desember 2018 | 20:11
  • / 9 Rabiul Akhir 1440
Peringatan HKSN Diwarnai Penyerahan Bantuan
BANTUAN : Plt Bupati Malang Drs.HM.Sanusi MM memberikan bantuan. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

Memontum-Malang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2018 dengan memberikan bantuan yang digelar di Pendopo Agung Jalan Agus Salim Kota Malang, Selasa (18/12) siang.

Plt Bupati Malang Drs HM Sanusi MM mengatakan, dengan peringatan HKSN yang mengambil tema ‘Kesetiakawanan Sosial Harmoni Indonesia’ ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menumbuhkan gerakan kesetiakawanan sosial yang ada dimasyarakat, guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Dengan saling menjaga keselarasan, sinergitas dan saling pengertian diantara semua komponen bangsa dapat mencapai kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Sanusi, peringatan HKSN kali ini juga di barengi dengan peringatan Hari Disabilitas Internasional, dimana momentum ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah dalam memotivasi masyarakat untuk mewujudkan dan mendorong kesejahteraan dan pemenuhan hak-hak penyandang Disabilitas.

“Jika hanya berbicara soal jumlah penyandang disabilitas seakan-akan ini hanya soal angka-angka saja. Tapi, berapapun jumlahnya Pemerintah harus mau berkontribusi untuk membantu dan melindungi hak-hak mereka sebagai warga negara,” jelasnya.

Untuk itu, tambah Sanusi, marilah kita tunjukkan kepedulian kita dalam konteks kebersamaan untuk dapat memenuhi hak-hak kaum difabel sesuai kapasitas dan kemampuan masing-masing.

“Untuk para penyandang disabilitas, janganlah berkecil hati, tingkatkan kemampuan dan keterampilan dalam rangka meningkatkan kemandirian, sehingga meskipun memiliki kekurangan tetapi hal tersebut dapat tertutupi oleh peran aktif masing-masing individu,” pungkasnya.

Adapun bantuan-bantuan sosial yang akan diserahkan secara simbolis kepada penerima manfaat dan penerima hadiah lomba dalam Peringatan HKSN diantaranya: 35 unit alat bantu dengar, bantuan bagi PMKS untuk 517 orang senilai 835.000.000 meliputi; RTLH 32 unit rumah, modal usaha bagi 157 orang fakir miskin, bantuan biaya hidup untuk 143 orang PMKS, dan bantuan pendukung kebutuhan pendidikan binaan RKSA kepada 185 anak.

Selain itu, juga penyerahan tali asih/bingkisan kepada 2 orang janda perintis kemerdekaan, tali asih/bingkisan kepada 11 orang petugas TMP/TMB, 100 paket sembako untuk lansia, 30 paket sembako untuk anak-anak terlantar, bantuan usaha ekonomi produktif berupa 20 paket sarana pijat untuk penyandang disabilitas, bantuan stimulan usaha ekonomi produktif 20 paket bagi keluarga eks ODG, bantuan bedah rumah untuk 1 unit untuk korban palu.

Sedangkan untuk penyerahan hadiah diberikan trophy, tabungan dan sovenir bagi pemenang lomba cipta menu antar LKSA, Seleksi Karang Taruna Berprestasi, dan Seleksi Karang Werdha Berprestasi. (sur/oso)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional