Pemerintahan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

Puluhan Ribu Satlinmas Kabupaten Malang Bakal Amankan Pileg Pilpres 2019

  • Rabu, 13 Februari 2019 | 19:23
  • / 7 Jumadil Akhir 1440
Puluhan Ribu Satlinmas Kabupaten Malang  Bakal Amankan Pileg Pilpres 2019
Drs.Teddy Wiryawan P. MAP, Kabid Satlinmas Satpol PP Kabupaten Malang. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

Memontum Malang – Sekitar 17 ribu lebih, anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Malang bakal diterjunkan untuk mengamankan Pileg (Pemilihan Legeslatif) dan Pilpres (Pemiihan Presiden) yang berlangsung serentak 17 April 2019 mendatang.

Drs Teddy Wiryawan P. MAP Kabid Satlinmas Satpol PP Kabupaten Malang menjelaskan, dalam penugasan nanti dibagi dua tahap, yakni pengamanan secara langsung maupun tidak langsung dengan titik sasaran TPS masing-masing daerah.

Drs.Herry Bambang Kiswoko MT, Kasi Satlinmas Satpol PP Kabupaten Malang. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

Drs.Herry Bambang Kiswoko MT, Kasi Satlinmas Satpol PP Kabupaten Malang. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

“Satu hari sebelum pelaksanaan,kami tempatkan dua orang anggota Satlinmas di setiap TPS.Kemudian, 20 orang anggota Satlinmas kami siagakan di kantor desa, kelurahan masing-masing 10 orang. Itu sebagai tindakan pengamanan secara tidak langsung, ” papar Teddy disela berlangsungnya Bimtek anggota Satlinmas di Desa Sumberejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang Rabu (13/2/2019) siang tadi.

Disinggung, terkait pelaksanaan Bimtek dengan mengusung tema Peningkatan dan Kapasitas Anggota Satlinmas Guna mendukung Kamtibmas dan Penanggulangan Bencana ini, karena menurut mantan Sekwilcam Gedangan ini, Kabupaten Malang merupakan ring satu dalam hal kewaspadaan bencana.

Acara Bimtek Satlinmas Desa Sumberejo Gedangan. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

Acara Bimtek Satlinmas Desa Sumberejo Gedangan. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

“Kami dari Satpol PP berkewajiban memberikan ketrampilan kepada anggota Satlinmas, khususnya dalam hal penanggulangan bencana, ” tandasnya.

Di tempat yang sama, Drs Herry Bambang Kiswoko MT,Kasi Satlinmas Satpol PP Kabupaten Malang menjelaskan, jumlah anggota Satlinmas di Kabupaten Malang saat ini mencapai 12090 orang.Dalam pengamanan Pileg dan Pilpres nanti, akan ditambah sebanyak 5000 Satlinmas.

“Dalam pelaksaan Pilpres dan Pileg nanti,akan diamankan oleh sekitar 17 ribu anggota Satlinmas, ” terang Herry.

Dia juga berharap, Satlinmas Kabupaten Malang, punya pikiran yg maju, profesional, berpikir antisipatif dan proaktif, sebagai garda terdepan di masyarakat dan harus mampu menjaga kamtrabtibmas, berkoordinasi dengan Muspika termasuk Satpol PP Kabupaten Malang.

Kedepan juga menjadi elemen bangsa yang mempunyai kapasitas untuk ikut membantu dalam penanggulangan bencana maupun informan dalam pencegahan tindak kejahatan di wilayah Kabupaten Malang.

“Motto kami Linmas semakin Profesional dan semakin jaya selalu,” himbaunya.

Hal yang tidak kalah penting, sosok asal Kabupaten Bondowoso ini juga menjelaskan, Tujuan lain dalam Bimtek yang juga dihadiri oleh tim dari Stikes Kepanjen, BPBD termasuk pemadam kebakaran, Muspika Gedangan ini,agar Satlinmas punya keahlian yang betul-betul dapat dihandalkan.

“Kedepan, selain mereka mengikuti pelatihan yang bakal di gelar di Kodim 0818 Kabupaten Malang dan Kota Batu, juga lomba Siskamling antar ex wilayah Kawedanan. (Sur/oso)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional