Pemerintahan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

Pembangunan Jembatan Sumkul Telan Biaya 1 Miliar

  • Rabu, 13 Februari 2019 | 19:29
  • / 7 Jumadil Akhir 1440
Pembangunan Jembatan Sumkul Telan Biaya 1 Miliar
DARURAT : Jembatan Darurat Desa Sumbermanjing Kulon Pagak. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

Memontum Malang – Rencana pembangunan jembatan di Desa Sumbermanjing Kulon (Sumkul) Kecamatan Pagak Kabupaten Malang telan biaya sekitar Rp 1 miliar.

Hal itu seperti disampaikan Romdhoni, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Malang beberapa waktu lalu. Ditegaskan, pihaknya segera melakukan perbaikan jembatan yang rusak akibat terjangan arus sungai tersebut.

Sayangnya, Romdhoni belum bisa pastikan, kapan pembangunan jembatan penghubung antar Kecamatan Pagak Donomulyo ini dimulai.

“Sudah kita survei, nanti kita programkan perbaikan selanjutnya. Anggaran yang disiapkan kurang lebih Rp 1 miliar. Ya perbaikan sesegera mungkin,” ujar Romdhoni kepada Memontum.com.

Pihaknya juga berpendapat, sebagai penyebab ambruknya jembatan ini karena faktor ranting yang terbawa derasnya arus sungai.

“Itu ada sumbatan ranting ya akhirnya menghantam pondasi itu. Sehingga mengalir pada satu sisi pondasi sehingga roboh. Memang itu yang bangun kami (Bina Marga),” ulasnya.

Dia juga merespon, terkait saran dari Plt Bupati Malang HM Sanusi, yang menyarankan agar pembangunan kembali jembatan tersebut diambilkan dari anggaran darurat. Itu bisa saja dilakukan.

“Memungkinkan kurang lebih kebutuhan untuk disana sekitar 800 sampai 900 juta. Kalau anggaran (darurat) yang disediakan 5 miliar,” terangnya.

Selama jembatan ini tidak dapat diakses, terang Romdhoni, masyarakat memang diarahkan untuk melewati jalur alternatif. Musti dilakukan agar jangkauan warga untuk menuju desa seberang tidak terlalu jauh. (sur/oso)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional