Pemerintahan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Pemkot Berharap Kolaborasi Bersih Sungai dengan Pemprov

  • Rabu, 20 Februari 2019 | 19:39
  • / 14 Jumadil Akhir 1440
Pemkot Berharap Kolaborasi Bersih Sungai dengan Pemprov
Wabup Mochammad Nur Arifin melantik 131 Kepala Desa di pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek

Memontum Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengapresiasi terobosan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dalam membersihkan sungai di Kawasan Kecamatan Karangpilang, seperti halnya Minggu (17/2/2019) lalu. Bahkan berencana memasang cctv untuk memantau dan menindak orang yang sembarangan membuang sampah ke sungai, terutama popok.

Pihak pemkot menilai sungai Karangpilang merupakan terusan dan bagian Brantas yang membelah sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur. “Jadi di Pemkot sendiri tidak ada masalah dan mengapresiasi kegiatan tersebut, karena Sungai Brantas ini merupakan kewenangan Balai Besar Brantas, Jasa Tirta, bukan pemkot,” kata Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Surabaya M Fikser saat diwawancarai melalui telepon, Rabu (20/2/2019).

Fikser menandaskan selama ini pemkot juga membersihkan sungai. Bahkan melibatkan TNI. Terlepas sungai Brantas bukan kewenangan pemkot. “Jadi yang tinggal di sekitar situ kan warga Surabaya. Artinya Kali Brantas sampai Kalimas itu kan di wilayah Surabaya. Ditambah muaranya kan sampai ke Surabaya, jadi kami juga mempunyai peran disitu,” ujarnya.

Fikser ingin ke depan ada kerjasama maupun sinergi antara pemkot dan pemprov. Sinergi harus dibangun karena menyangkut kebersihan lingkungan dan kenyamanan warga. “Jadi kalau sinergi itu kita memang harus sinergi, apalagi selama ini memang pemkot sudah sering melakukan pembersihan sungai,” ucapnya.

Pejabat yang dikenal loyal dengan Walikota Tri Rismaharini ini menegaskan sudah sejak lama pemkot aktif membersihkan sungai.

Sementara itu, tak jauh beda dengan Fikser, Kepala UPTD Kebersihan Saluran Pematusan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Yuri Widarko mengatakan, jika pembersihan sungai selalu dilakukan rutin setiap hari.

“Pemkot ada agenda setiap hari untuk pembersihannya mbak, tapi tidak sepanjang sungai. Pemkot kegiatan rutinitas setiap hari dari Terminal Joyoboyo sampai dengan rolag Jagir,” pungkasnya. (est/ano/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional