Pemerintahan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Terkendala PKS, Pemkot Belum Renovasi Semua Pasar Tradisional

  • Rabu, 15 Mei 2019 | 22:01
  • / 10 Ramadhan 1440
Terkendala PKS, Pemkot Belum Renovasi Semua Pasar Tradisional

Memontum Kota Malang – Meski sebagian pasar tradisional sudah direnovasi, namun sebagian pasar tradisional lainnya belum dibenahi alias mangkrak. Seperti Pasar Blimbing, Pasar Gadang, Pasar Besar hingga Pasar Kasin. Tentunya, dalam pandangan pilih kasih beberapa pedagang, mereka melayangkan sejumlah protes kepada Pemkot Malang melalui Dinas Pasar.

Menanggapi hal ini, Walikota Malang Sutiaji menjelaskan, permasalahan pasar tradisional memang menjadi pekerjaan rumah yang masih terus dicarikan jalan keluar. Pasalnya, beberapa pasar yang mangkrak tersebut masih terikat perjanjian kerjasama dengan pihak ketiga.

Beberapa pedagang pasar tradisional inginkan renovasi pasar yang tertata rapi. (ilustrasi/rhd)

Beberapa pedagang pasar tradisional inginkan renovasi pasar yang tertata rapi. (ilustrasi/rhd)

“Apabila pengerjaan fisik dilakukan begitu saja oleh Pemkot Malang, maka langkah itu menyalahi aturan. Seperti Pasar Besar lantai paling atas misalnya, itu kan masih terikat kerjasama. Sehingga kami belum bisa mengutak-atik secara fisik,” jelas Sutiaji.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setianto menjelaskan, beberapa pasar tradisional yang belum dikerjakan secara fisik memang terhambat oleh adanya perjanjian kerjasama (PKS) dengan pihak ketiga. “Kami hanya bisa lakukan pembenahan, seperti pada gorong-gorong, pembenahan lapak, dan atap yang bocor. Selebihnya, jika pembangunan fisik, kami belum bisa karena terkendala PKS tadi,” jelas Wahyu, kepada awak media.

Wahyu menjelaskan, beberapa pasar yang masih terikat PKS pihak ketiga, diantaranya Pasar Besar lantai paling atas, Pasar Blimbing, dan Pasar Gadang. Pemkot tidak bisa menganggarkan pembenahan pasar melalui APBD. “Bukannya kami membiarkan saja. Karena aturannya jelas, selama ada PKS, maka kami belum bisa anggarkan di APBD,” papar Wahyu.

Sementara pasar tradisional lain yang akan segera dibenahi, diantaranya Pasar Kasin, Pasar Mergan, Pasar Sukun, dan Pasar Sawojajar. Dalam tahap awal ini, Pasar Kasin akan terlebih dulu ditawarkan melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkot Malang. “Sementara yang lain menyusul, dan bertahap,” tandas Wahyu. (adn/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional