Pemerintahan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
iklan Ucapan HUT RI Gerindra Kota Batu
iklan Ucapan HUT RI BPC Laskar Nusantara Lumajang
lenjag

Pemkot Malang Kebut Peralihan Jalan Nasional

  • Kamis, 16 Mei 2019 | 23:12
  • / 11 Ramadhan 1440
Pemkot Malang Kebut Peralihan Jalan Nasional
Jalur Tol Arah Seksi 4 dan Seksi 5 Tol Malang-Pandaan. (ilustrasi/rhd)

Sebelum Akses Tol Seksi 5 Dibuka

 

Memontum Kota Malang – Usai diresmikan, Tol Malang Pandaan (Mapan) terus menyelesaikan Seksi 4 dan Seksi 5 yang belum dioperasikan. Pasalnya, saat ini yang bisa digunakan hanya Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,475 kilometer, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,50 kilometer, dan Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,51 kilometer.

Sedangkan seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer beroperasi fungsional saat arus mudik balik Lebaran 2019, dan seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,113 kilometer masih dalam tahap konstruksi, dan ditargetkan beroperasi November 2019 atau lebih cepat.

Sebelum Seksi 5 Tol Malang Pandaan (Mapan) beroperasi, Pemkot Malang berencana tukar guling dengan pemerintah pusat terkait status peralihan jalan, dimana jalan milik Kota Malang akan dialihkan sebagai jalan nasional, dan sebaliknya.

“Rencana pengalihan jalan tersebut kembali kami bicarakan bersama dengan Kementerian PUPR saat peresmian Tol Mapan seksi 3 Singosari, Senin (13/5/2019) lalu. Karena rencana tersebut sudah lama. Saat bertemu Pak Menteri, saya sudah sampaikan itu kembali. Dan disampaikan beliau agar kami berkirim surat. Itu akan segera kami lakukan,” jelas Walikota Malang Sutiaji.

Menindaklanjuti imbauan Menteri PUPR, Pemkot Malang secepatnya akan kembali berkirim surat ke Kementerian PUPR. Ditargetkan tahun 2019 ini, pengalihan jalan sudah bisa dilakukan. Sehingga, kendaraan besar nantinya tidak lagi menggunakan jalanan yang berada di tengah kota.

“Mayjend Sungkono nanti akan jadi jalan nasional, dan Jl. A. Yani sampai Kayu Tangan akan jadi jalan Kota Malang,” terang pria penghobi badminton ini.

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional