Pemerintahan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Bupati Lumajang Penjajakan Kerjasama dengan ITS

  • Kamis, 23 Mei 2019 | 19:59
  • / 18 Ramadhan 1440
Bupati Lumajang Penjajakan Kerjasama dengan ITS

Memontum Lumajang – Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M.ML., melakukan penjajagan kerja sama dengan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) tentang Program Smart City, Selasa (21/05/2019) di Ruang Pertemuan Rektor ITS.

Hal yang menjadi bahan rapat antara lain terkait pemanfaatan teknologi tepat guna dalam kerja sama Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Daerah, sebagai bentuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Turut hadir dalam rapat tersebut Asisten Pemerintahan Sekda Kab. Lumajang, Susiyanto, SH.; Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan, Patria Dwi Hastiadi, AP, M.Si; Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS, Prof. Dr. Ir. Heru Setyawan, M.Eng; Wakil Rektor Bidang Inovasi, Kerja Sama, Kealumnian, dan Hubungan Internasional, Prof. Dr. Ketut Buda Artana, ST.,M.Sc.; Dekan Fakultas Teknologi Elektro, Dr. Tri Arief Sardjono, S.T., M.T.; dan beberapa pejabat ITS terkait

Dalam pertemuan tersebut, Bupati menyampaikan beberapa hal yang potensial, antara lain: pengolahan produk hasil pertanian untuk meningkatkan nilai jual sektor Pertanian; sistem pengukuran data penambangan yang akurat di terminal induk pasir sehingga dapat diketahui secara pasti lalu lintas pasir yang keluar dari Lumajang; layanan pengaduan yang terintegrasi, terutama di bidang kesehatan dan administrasi kependudukan; penanganan tata kelola sampah; dan penataan kawasan pariwisata. Bupati menekankan bahwa Lumajang akan menjadi laboratorium dalam menerapkan hasil kajian-kajian akademis di ITS.

Atas rencana tersebut, Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., menyambut baik rencana kerja sama ini. Dari sisi teknologi dan SDM, ITS memiliki banyak program yang sesuai dengan cita-cita pengembangan Kab. Lumajang.

ITS juga siap membantu Kabupaten Lumajang dalam pengelolaan Dana Desa melalui pendampingan proses perencanaan hingga pelaksanaan agar dana desa dapat lebih bermanfaat bagi desa. Rektor ITS menyampaikan bahwa ITS siap menjadikan Kabupaten Lumajang sebagai laboratorium ITS melalui skema kerjasama.(adi/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional