Pemerintahan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

Sekretaris DPC PDIP Bondowoso Desak Bupati Salwa, Segera Tunjuk Sekda Definitif

  • Senin, 24 Juni 2019 | 20:56
  • / 20 Syawal 1440
Sekretaris DPC PDIP Bondowoso Desak Bupati Salwa, Segera Tunjuk Sekda Definitif
Andi Hermanto, Sekretaris DPC PDI-P Bondowoso

Memontum Bondowoso – Belum jelasnya nama pejabat yang ditunjuk Bupati Salwa Arifin sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso definitif hingga sekarang, membuat Andi Hermanto, Sekretaris DPC PDI-P setempat tidak bisa tinggal diam. Dia mendesak Bupati Salwa segera menunjuk satu dari tiga nama pejabat yang lolos babak akhir seleksi terbuka atau open bidding pada April 2019 menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso definitif menggantikan Penjabat (Pj) Sekda sekarang Agung Ttri Handono.

Pria yang juga menjabat Wakil DPRD Bondowoso itu mendesak Bupati Salwa segera menunjuk sekda definitif, agar roda pemerintahan dan pengambilan kebijakan, terutama penyerapan anggaran dapat maksimal. Sedangkan, keberadaan Pj. Sekda saat ini, memiliki kewenangan sangat terbatas.

”Sehingga, kalau bupati tidak segera menunjuk sekda definitif, jelas menghambat jalannya roda pemerintahan. Oleh karena itu, bupati jangan menunda lagi menunjuk sekda definitif. Apalagi, sudah ada tiga nama pejabat calin sekda yang lolos open bidding,” kata Andi.

Namun, dia mengamati masih ada problematika dihadapi Bupati Salwa dalam menunjuk sekda definitif. Karena, banyak kepentingan yang harus diakomodir dan menjadi pemikiran Bupati Salwa sebelum menunjuk sekda defintif.

”Tapi, saya bagian dari PDI-P sebagai partai pengusung pasangan Bupati Sakwa dan Wabup Irwan mendesak bupati tidak menunda lagi menunjuk sekda definitif. Bupati yang memiliki prerogatif juga jangan ragu dan tidak salah menunjuk satu dari tiga nama pejabat yang lolos open bidding itu,” tegas Andi.

Masalah siapa pajabat yang ditunjuk sebagai sekda definitif, menurut dia, Bupati Salwa harus melihat kemampuan memenej semua organisasi Pemkab Bondowoso, baik di dalam maupun di luar. Selain itu, dapat menjaga roda pemerintahan di pemkab, mampu berkomunikasi baik dengan seluruh jajaran eksekutif dan yudikatif.

”Lebih penting juga bisa berkomunikasi baik dengan DPRD Bondowoso. Jika tidak, maka akan menjadi kendala bagi jalannya roda pemerintahan dalam mewujudkan visi dan misi menuju Bondowoso Melesat,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hasil akhir seleksi terbuka atau open bidding jabatan Sekda Bondowoso pada akhir April 2019 meloloskan tiga nama, yakni Agung Tri Handono, Pj. Sekda ; Farida Kepala Bappeda, dan Syaifullah, Staf Ahli Bupati Situbondo. Dari tiga nama, ini nama Agung dan Farida disebut-sebut sebagai kandidat kuat ditunjuk Bupati Salwa menjadi sekda definitif. Bahkan, kalangan ASN dan masyarakat Bondowoso serta sejumlah pensiunan pejabat Pemkab Bondowoso menyebut Agung dan Farida sama-sama memiliki peluang menjadi sekda definitif Kota Tape –sebutan Bondowoso-. (ido/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional