Pemerintahan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

Tumbuhkan Potensi Industri Kreatif, Puluhan IKM Sidoarjo Diajari Pemasaran

  • Rabu, 26 Juni 2019 | 19:12
  • / 22 Syawal 1440
Tumbuhkan Potensi Industri Kreatif, Puluhan IKM Sidoarjo Diajari Pemasaran

Memontum Sidoarjo – Sebanyak 70 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Sidoarjo diajari sistem pemasaran (marketing). Mereka diberi wawasan informasi tentang sistem pemasaran. Kegiatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Pemkab Sidoarjo ini digelar di Pendopo Delta Wibawa Rabu, (26/06/2019).

Sedangkan dua narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan Pembinaan IKM ini, yakni dari Universitas Ciputra Surabaya dan dari Sidoarjo Kreatif Forum.

“Pembinaan IKM kali ini merupakan program penumbuhan dan pengembangan IKM Diperindag Sidoarjo bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kabupaten Sidoarjo,” kata Kepala Disperindag Pemkab Sidoarjo, Tjarda kepada Memo X, Rabu (26/06/2019).

Selain itu, kata mantan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemkab Sidoarjo ini menjelaskan salah satu tujuan kegiatan ini untuk mencari solusi yang dihadapi para pelaku IKM di Sidoarjo. Menurutnya permasalahan yang dihadapi pelaku IKM saat ini cukup pelik. Tidak hanya permasalahan pemasaran saja. Apalagi saat ini telah berada pada era revolusi industri 4.0.

“Para pelaku IKM harus mengetahui bagaimana menghadapinya. Oleh karenanya kegiatan kali ini perlu diselenggarakan agar pelaku IKM Sidoarjo mendapatkan wawasan dan informasi terkait pemasaran pada era revolusi industri 4.0 saat ini,” tegasnya.

Sementara Wakil Ketua Dekranas Sidoarjo, Ida Nur Ahmad Syaifuddin menegaskan industri kreatif memiliki peranan penting terhadap perekonomian negara. Namun saat ini pelaku industri kreatif dihadapkan pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Pemberlakuan pasar bebas Asia Tenggara ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi IKM. Oleh karenanya produk yang dihasilkan harus memiliki standart agar mampu bersaing di pasaran,” ungkapnya.

Istri Wabup ini memaparkan era revolusi industri 4.0 juga telah dimulai. Bersinergi dengan perkembangan teknologi informasi menjadi kunci bagi para pelaku industri kreatif untuk dapat bersaing di tengah-tengah pasar. “Industri kreatif harus memiliki ciri tersendiri yang menjadi keunggulannya. Yakni terletak pada sisi kreatifitas desain suatu produk,” tandasnya. (Wan/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional