Connect with us

Bondowoso

Ketua DPRD Bondowoso Sesalkan Bupati Salwa Lambat Pilih Sekda

Diterbitkan

||

H. Tohari (kopiah) Ketua DPRD Bondowoso menyaksikan Bupati KH. Salwa Arifin melakukan tanda tangan

Memontum Bondowoso – Ketua DPRD Bondowoso, H.Tohari akhirnya mau angkat bicara soal sangat lambatnya keputusan Bupati KH.Salwa Arifin dalam memilih dan melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Definitif. Padahal, Bupati Salwa sudah dibantu pansel (panitia seleksi) terbuka dalam memilih pejabat yang akan menduduki kursi Sekda Bondowoso yang sekarang masih dijabat Pj. Sekda Agung Tri Handono.

Karena itu, meski bukan ranahnya, Tohari sangat menyesalkan lambatnya Bupati Salwa membuat keputusan memilih salah satu dari tiga pejabat yang lolos tahap akhir seleksi terbuka (open bidding) menjadi Sekda Definitif.

”Padahal, bupati tinggal memilih satu dari tiga pejabat yang lolos tahap akhir Pansel Sekda Bondowoso pada 8 April 2019 lalu. Meski bukan ranah saya, tentu kita ingin Sekda segera dilantik. Masak alotnya memilih satu dari tiga pejabat yang sudah lolos seleksi terbuka itu,” katanya usai paripurna DPRD Bondowoso, Senin (22/7/2019).

Sekretaris DPC PKB Bondowoso itu pun mendesak Bupati Salwa segera menentukan dan melantik Sekda definitif. Karena, tugas dan peran Sekda sebagai pemimpin tertinggi birokrasi pemerintah daerah sangat dibutuhkan bupati dalam menjalankan tata kelola pemerintah guna mewujudkan visi dan misi menuju Bondowoso Melesat. ”Bupati harus segera melantik Sekda Bondowoso. Kalau saya bupatinya, tidak akan lama menentukan dan melantik sekda,” ungkapnya.

Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin usai paripurna DPRD menanggapi desakan Ketua DPRD Bondowoso untuk segera melantik Sekda definitif dengan kepala dingin. Dia mengungkapkan, tidak ada batasan waktu untuk memilih dan melantik Sekda Bondowoso. Karena, menurut Bupati Salwa, dirinya masih memperhatikan dan menimbang dengan matang tiga nama pejabat yang memenuhi kriteria dipilih dan dilantik menjadi Sekda Bondowoso.

”Jadi, tidak ada batasan waktu memilih Sekda. Itu tergantung saya sebagai bupati yang memiliki hak prerogatif memilih sekda,” katanya.

Dari hasil sidang Pansel Terbuka Jabatan Tinggi Pratama(JPT) Sekertaris Daerah Bondowoso pada 8 April 2019, tiga nama pejabat lolos seleksi. Ketiganya adalah Agung Tri Handono sekarang Pj. Sekda Bondowoso; Farida, Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Bondowoso, dan Syaifullah Staf Ahli Bupati Situbondo yang merupakan putra daerah Bondowoso. (ido/yan)

 

Advertisement

Trending