Pemerintahan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
iklan Ucapan Partai Demokrat HUT Kota Batu
iklan Ucapan Partai Gerindra HUT Kota Batu
iklan Ucapan Partai Golkar HUT Kota Batu
iklan Ucapan Partai Keadilan Nurani Nasional HUT Kota Batu
iklan Ucapan PDI HUT Kota Batu
iklan Ucapan KNPI HUT Kota Batu
iklan Ucapan Camat Batu HUT Kota Batu
lenjag

BAPEDA dan PPDI Situbondo Gelar Progam Peduli Pilar Disabilitas

  • Senin, 22 Januari 2018 | 18:55
  • / 5 Jumadil Uula 1439
BAPEDA dan PPDI Situbondo Gelar Progam Peduli Pilar Disabilitas

Memontum Situbondo Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Situbondo bekerja sama dengan Yakkum Asia Foundation menggelar Program Peduli Pilar Disabilitas Pelatihan dan Penganggaran Pembangungan Inklusif di Situbondo, Senin (22/01/2018).

Kegiatan yang bertempat di Balai Pelatihan Gedung Olahraga Jl PB Sudirmn tersebut dihadiri unsur Bappeda, Dispendukcapil, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, Dinas Pariwisata, Dinas Penanaman Modal Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan.

Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Cabang Kabupaten Situbondo Luluk Ariyantiny mengatakan, pelatihan ini bukan hanya bagaimana fasilitas publik untuk kaum disabilitas merata, tapi lebih menyentuh ke anggaran agar di tiap tiap organisasi perangkat daerah (OPD) bisa menyentuh tentang isu isu difabilitas dengan ramah disabilitas. Sesuai dengan keinginan bupati Situbondo, sambung Luluk, pada acara Hari Disabilitas Internasional ada launching atau peluncuran Situbondo Ramah Disabilitas.

“Kalau di Dinas Kesehatan program infrastruktur dan program kerjanya sudah ramah kaum disabilitas. Kita tidak akan mengubah rencana kerja tiap-tiap OPD, tapi kami akan menyisipkan isu isu disabilitas dalam perencanaan anggaran tersebut. Untuk pelatihan ini dilaksanakan,” jelas Luluk

Sementara itu, Kepala Badan Percanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Situbondo Drs. Haryadi Tejo Laksono MSi, sebelum membuka acara Program Peduli Pilar Disabilitas Pelatihan dan Penganggaran Pembangungan Inklusif yang direncanakan berlangsung selama dua hari ini, menjelaskan pelatihan penganggaran pembangunan inklusif ini bekerja sama dengan Yakkum Asia Foundations dengan Pemerintah Kabupaten Situbondo. “Hal ini seiring dengan visi misi bupati Situbondo agar berbagai pembangunan daerah ini bisa pro dengan kaum disabilitas,” ujarnya.

Pelatihan ini, sambung Haryadi, melibatkan semua perencana OPD, sehingga pada musrembang kecamatan dan musrenbang kabupaten sudah masuk ke usulan perencanaan dan program kegiatan sehingga harapan bupati Situbondo bisa terwujud. “Harapan bupati, Kabupaten Situbondo ini nantinya bisa menjadi pelopor kabupaten ramah disabilitas,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa usulan usulan pembangunan inklusif di tahun 2018 ini sudah masuk pada tahun anggaran 2019. (yud/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional