Pemerintahan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

Polres Bangkalan Simulasi Mantap Praja Semeru

  • Kamis, 1 Februari 2018 | 20:03
  • / 15 Jumadil Uula 1439
Polres Bangkalan Simulasi Mantap Praja Semeru
Polres Bangkalan saat Simulasi

Memontum Bangkalan — Polres Bangkalan lakukan simulasi Lat Pra Ops Mantap Praja Semeru-2018 dan Sismpam (sistem pengamanan) Kota dalam rangka pengaman Pilkada serentak 2018, di Alun-alun Bangkalan, Kamis (01/02/2018).

Dalam Simulasi tersebut, Polres Bangkalan melibatkan sekitar 550 personil yang terbagi dalam 400 personil kepolisian dan 150 anggota TNI.

“Merangkul masyarakat jangan lewat senjata. Tetapi dengan memberi pemahaman dan melakukan dialog dalam bahasa yang mudah dimengerti. Sehingga komunikasi dua arah antara aparat keamanan yang bertugas dilapangan dengan warga bisa seiring sejalan,” kata Kapolres Bangkalan, AKBP Anisullah M. Ridha saat membuka Latihan Operasi Mantap Praja Semeru 2018.

Menurut Kapolres Bangkalan ini, meski jumlah personil pengamanan pilkada serentak jika dibandingkan dengan masyarakat memang tidak seimbang. Tetapi lewat pendekatan secara persuasif dan sedikit terbuka dengan masyarakat, diyakini semua kendala di lapangan akan bisa diatasi tanpa harus dengan senjata.

“Nantinya, pengamanan di lapangan, akan dibekali tongkat dan diusahakan seminimal mungkin aparat menggunakan senjata dalam melakukan pengamanan. Kecuali dalam situasi darurat. Agar lmasyarakat merasa dekat dengan petugas,” paparnya.

Kapolres Bangkalan, AKBP Anisullah M Ridha mengatakan latihan sispam kota tersebut dalam rangka memberikan pemahaman bagi anggota kepolisian dan pihak-pihak yang terlibat lainnya dalam pelaksanaan pemilu.

“Yang ingin kita capai disini adalah pemahaman dari anggota Polri dan penghubung lainnya seperti TNI, kemudian masyarakat dari kelompok yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu nanti,” terang Anis, usai pelaksanaan latihan.

Lanjut pria yang berdarah Aceh, adegan yang di lakukan dalam latihan itu sekitar ada empat (4) adegan yang memperagakan dalam mengantisipasi kericuhan di lapangan.

“Adegan kita ini bertahap mulai dari beberapa tahapan, dari tahapan pergeseran logistik sampai dengan tahapan pembubaran masyarakat yang melakukan demo. Kita buat estimasi ricuh bukan berarti pilkada akan ricuh.Tapi ketika menghadapi kericuhan. Tentang SOP (Sistem Operating Procedure), tentang mekanisme dan tentang bagaimana cara dalam pelaksanaan di lapangan nanti akan kita perbaiki terus, ada beberapa hal yang harus kita benahi terutama pada sektor komando,”Imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU Bangkalan Fauzan Jakfar, memberikan apresiasi atas latihan yang di lakukan oleh kepolisian dalam rangka pengamanan Pilkada serentak.

“Kami atas nama KPU mengapresiasi apa yang dilakukan Kapolres Bangkalan beserta jajarannya, dalam melakukan langkah-langkah antisipasi dan latihan peragaan Sispam kota yang sudah menggambarkan tahapan-tahapan yang akan dilakukan KPU,”tandasnya.

Sementara itu, di tribun kehormatan tampak Kapolres Bangkalan didampingi Forpimda Bangkalan, Asisten Pemerintahan dan pejabat dilingkungan Pemkab. Bangkalan. Ikut menyaksikan simulasi dan peragaan pencoblodan serta langkah taktis petugas mengatasi kerusuhan pada gelar pilkada serentak 2018 yang terjadi di Bangkalan. (nhs/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional