Pemerintahan

iklan kpu kota malang
lenjag

Bersama PPL, Babinsa Koramil 0815/08 Dawarblandong Dampingi Pengubinan

  • Kamis, 15 Februari 2018 | 22:23
  • / 29 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 45 kali
Bersama PPL, Babinsa Koramil 0815/08 Dawarblandong Dampingi Pengubinan
Anggota Koramil Dawarblandong, Babinsa dan PPL melakukan pendampingan pengubinan

Memontum Mojokerto – Koramil 0815/08 Dawarblandong melalui Bati Bakti TNI Serma M. Dawam dan Babinsa Randegan Serda Udin Muhammad Muslim bersama PPL setempat Iyut Irawati, SP dan Petugas BPS Kabupaten Mojokerto, Dhani Susanto melakukan pendampingan pengubinan padi siap di Dusun Randegan, Desa Randegan, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Kamis (15/08/2018).

Pengubinan merupakan salah tehnik menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian seperti padi dan jagung dalam luasan 1 hamparan yang siap panen. Pengubinan ini dimaksudkan agar petani mengetahui perkiraan potensial hasil dari tanaman padi yang ditanamnya.

Tampak Babinsa, PPL, Petugas BPS dan Kapoktan Sumber Tani III H. Latri turun ke sawah melakukan pengubinan dengan menggunakan 4 bilah besi yang dirangkai dengan ukuran 2,5 m2, di sawah milik Kasno seluas 0,28 Ha. Usai memotong padai pada kotak ubinan, dilanjutkan dengan merontokan padi secara manual (mengilas) selanjutnya padi hasil ubinan tersebut dimasukan dalam sak/karung dan ditimbang.

Menurut keterangan PPL setempat Iyut Irawati, SP yang didampingi Petugas BPS dan Babinsa, untuk pengubinan dengan luas ubinan 2,5 meter x 2,5 meter di lahan milik Kasno Poktan Sumber Tani III diperoleh hasil, panjang malai 26 cm, jumlah bulir 128, jumlah anakan 16, jumlah rumpun 154, varietas padi jenis mekongga, berat ubinan 4,97 Kg, hasil produktivitas 7,95 ton dipotong 15 persen pematang = 6,75 ton, harga GKP 4.800,/Kg, dan harga GKG 6000/Kg.

Ketua Poktan Sumber Tani III H. Latri, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa PPL dan pihak lainnya yang telah mendampingi para petani mulai pengolahan lahan, masa tanam, perawatan hingga masa panen. “Semoga kebutuhan pangan kita selalu terpenuhi,” harapnya.

Dalam kesempatan lain, Danramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Khoiri mengatakan, pendampingan pengubinan yang dilakukan Babinsa bersama PPL merupakan upaya khusus (Upsus) dalam mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan di wilayah. “Pendampingan pengubinan yang dilakukan Babinsa bersama PPL merupakan upaya khusus (Upsus) dalam mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan di wilayah,” tegas Danramil. (gan/ono)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional