Pemerintahan

iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana
lenjag

LSM Misi Persada Jember Dorong Percepatan Perhutanan Sosial

  • Jumat, 16 Februari 2018 | 00:10
  • / 30 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 150 kali
LSM Misi Persada Jember Dorong Percepatan Perhutanan Sosial

Memontum Jember — Lsm Misi Persada Jember menggelar sosialisasi Perhutanan Sosial guna percepatan perhutanan sosial di Kabupaten Jember. Acara dihadiri ketua KLHK wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, I Made Mursedana, KLHK Kementrian Pusat Iswandi, Tim BPSKL Kusnadi, koordinator yayasan Pecinta Alam Acarina Indonesia dari Tuban. Vocalpoint POKJA PPS berlangsung di Aula Gedung YABINA jalan Mastrip kecamatan Sumbersari Jember, Rabu (14/2/2018).

Ketua penyelenggara dan ketua Misi Persada Jember Abdul Kadar dalam sambutannya menyampaikan, “Kegiatan sosialisasi perhutanan sosial ini, merupakan upaya untuk mewujudkan kedaulatan hutan, kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat kelompok Tani Hutan serta mendampingi permohonan perhutanan sosial.”

”Kepala Desa yang masyarakatnya mengakses Hutan Sosial, hendaknya menegaskan masalah pembangunan kehutanan di Kabupaten Jember harus dapat mewujudkan kesejateraan rakyat. Khususnya warga miskin yang bertempat tinggal di pedesaan sekitar hutan atau yang berdomisili didalam hutan,” ungkapnya.

Pembina YPAAI kabupaten Tuban Moch Ali Baharudin merupakan salah satu lembaga yang berperan aktif di program perhutanan sosial di Jawa Timur menyatakan, bahwa tugas mereka yang pertama, mewujudkan kedaulatan hutan dan masyarakat sejahtera. Bagi masyarakat miskin, pinggir hutan untuk memberikan hak kuasa atau tata kelola atas kawasan Hutan dengan mengantongi Surat Keputusan (SK) dari kementrian. Sehingga petani memiliki hak yang legal karena mempunyai payung hukum, perlindungan hukum sehingga hak petani untuk mengelola hutan tidak menabrak hukum.

Kemudian Tata Produksi memberikan tata kelola lahan,Tata Niaga/perdagangan tentang hasil dari produksi petani asosiasi kelompok tani Hutan (KTH) menjadikan pelaku usaha di Kabupaten Jember. Petani bisa mendirikan suatu koperasi yang bergerak di bidang pangan. Sehingga masyarakat petani bisa diuntungkan.

“Pemerintah akan memiliki kepedulian yang luar biasa. Selain program perhutanan sosial juga akan ada Podarwis (Kelompok Sadar Wisata) bagi lahan hutannya. Hingga memungkinkan untuk program pariwisata, maka akan bersinergi dengan Dinas Pariwisata. Sehingga akan mewujudkan kedaulatan Hutan untuk kesejahteraan masyarakat dan Hutan akan tetap lestari,” tegasnya.

Ketua KLHK wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara, I Made Mursedane menyambut baik ide dan gagasan Misi Persada Jember,. Karena memiliki program yang sejalan dengan program pemerintah yang sedang digalakkan.

“Saya akan dorong upaya ini karena akan bermanfaat untuk masayarakat miskin di pinggiran hutan. Kita akan suport secara teknisnya termasuk semua persyaratan untuk permohonan perhutanan sosial. Sudah ada 20 KTH di 11 Desa. Sudah lengkap dengan permohonannya, sementara 21 desa lainnya sedang berproses pengumpulan data peserta dan kelengkapan administrasi,” tuturnya.

“Sehingga akan tersosialisasi pada 32 kepala desa, 24 KTH, relawan pendamping PS Desa se Kabupaten Jember, yang akan bekerja untuk percepatan perhutanan sosial. Saya berharap Misi Persada Jember untuk mendampingi masyarakat petani hutan yang terlibat dalam pengelolaan Hutan di hutan negara yang tidak mengesampingkan kelestarian hutan,” pungkasnya.(cw3/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional