Pemerintahan

iklan kpu kota malang
lenjag

Tunggu Pembangunan Tahap II, Pedagang Pasar Besar Unit Sayur Belum Bisa Tempati Bedak

  • Selasa, 20 Februari 2018 | 23:32
  • / 4 Jumadil Akhir 1439
  • Dibaca : 71 kali
Tunggu Pembangunan Tahap II, Pedagang Pasar Besar Unit Sayur Belum Bisa Tempati Bedak

Memontum Kota Batu — Sampai saat ini pedagang Pasar Besar Batu unit sayur belum bisa tempati kios secara paten. Sebab Pemkot Batu tegaskan pedagang bisa menempati bedak jika pembangunan tahap kedua rampung semua. Saat ini pembangunan masih tahap pertama, dikhawatirkan pembangunan nanti malah menganggu aktivitas jual beli pedagang.

Hal itu dijelaskan langsung oleh Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. Menurut Punjul, pedagang bisa menempati kios baru namun sifatnya sementara. “Supaya adil, pengundian kios bangunan baru ini akan dilakukan jika tahap dua selesai. Supaya nantinya para pedagang gak iri-irian,” ucap Punjul, Selasa (20/2/2018).

Karena itu sembari menunggu kios yang sudah terbangun di tahap satu bisa sementara untuk ditempati. Ia pun sudah memerintahkan dinas terkait agar segera menyuruh pedagangnya menempati bedak baru.

“Penyerahannya sudah, tinggal ditempati pedagang sayur untuk sementara. Jadi nanti pedagang ngelotre sendiri untuk nomor pengundian penempatan bedaknya,” tutupnya. Ya untuk saat ini pedagang aktif unit sayur masih menempati bedak relokasi yang berada di samping pembangunan unit sayur pasar besar Kota Batu. Unit sayur ini konsepnya dibangun satu lantai. Dalam satu lantai itu ada fasilitas kios pedagang dengan ukuran 3 x 5 meter sebanyak 40 unit.

Lalu kios pedagang sayur dengan ukuran 3 x 3 meter sejumlah 96. Dengan demikian totalnya 136 unit kios yang saat ini sudah siap untuk ditempati oleh para pedagang. Di tempat yang sama Agus Yulianto, koordinator pedagang unit sayur mengungkapkan keinginannya untuk segera menempati kios karena selama menempati bedak relokasi, pedagang tidak totalitas berjualan.

“Untuk saat ini kita masih belum menempati bedak baru, tetap bedak relokasi. Ya sebenarnya ingin segera menempati yang baru, tapi masih belum ada perintah dari dinas terkait, sehingga masih belum berani,” ungkap Agus.

Ia menjelaskan bahwa kondisi bedak relokasi yang lebih kecil, membuat penjual kurang leluasa saat berjualan. “Untuk tahap satu memang sudah selesai. Kalau memang bisa kita tempati untuk sementara, kami sangat senang, itu harapan kami,” imbuhnya.

Untuk saat ini memang Pemkot Batu sedang memfokuskan pada pembangunan tahap dua unit pasar. Rupanya sistem pengundian kios pedagang bisa dilakukan setelah selesai pembangunan tahapa dua.

Sembari menunggu pembangunan tahap dua, pedagang boleh menempati kios itu, tetapi bersifat sementara. Pembangunan tahap dua ini rencananya akan berlangsung berada di tengah-tengah bangunan yang sudah terealisasi tahap satu. (lih/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional