Pemerintahan

iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana
lenjag

PLTMH Bendungan Wlingi Raya Blitar Diresmikan

  • Selasa, 20 Februari 2018 | 23:40
  • / 4 Jumadil Akhir 1439
  • Dibaca : 111 kali
PLTMH Bendungan Wlingi Raya Blitar Diresmikan
Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Totok Subihandono saat meresmikan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Bendungan Wlingi Raya tepatnya di Kelurahan Jegu Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar.

Memontum Blitar Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Bendungan Wlingi Raya tepatnya di Kelurahan Jegu Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, akhirnya diresmikan. Pembangunan PLTMH Lodagung yang dikerjakan selama 18 bulan dengan Rp 39 miliar ini, mulai Selasa (20/02/2018) sudah siap dioperasikan.

PLTMH ini merupakan proyek pertama kali di Indonesia, dimana pembangkit listrik ini menggunakan teknologi Intake Shipon. Dimana teknologi Intake Shipon ini prinsipnya seperti memindahkan air dari 2 tempat tetapi menggunakan pipa yang berhubungan. Ketika muncul tegangan negatif, air akan pindah. Seperti memindahlan minyak atau air dari bak. Pemindahan ini selanjutnya dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

“Kami memang menginginkan teknologi ini berada di sini. Tetapi ke depan akan kita gandakan di daerah lain”, kata Direktur Utama Perum Jasa Tirta 1, Raymond Valiant Ruritan, Senin (20/02/2018).

Lebih lanjut Raymon menjelaskan, jika pihaknya memiliki target sederhana, dimana air bisa ditingkatkan menjadi listrik kemudian bisa dimanfaatkan untuk masyarakat. Menurutnya, PLTMH berkekuatan 1,3 megawatt ini masuk jaringan yang berada di Kademangan. Sedangkan Kademangan saat ini memakai 3 megawatt, artinya separuhnya akan dipasok oleh PLTMH ini.

“Kalau di pulau Jawa teman-teman PLN mengoperasikan interkoneksi Jawa Bali. Tetapi khusus PLTMH Lodagung ini listriknya bisa dikonsumsi masyarakat Kabupaten Blitar sendiri. Jadi air yang masuk ke Blitar, menghasilkan listrik untuk masyarakat Blitar”, tandas Raymond.

Raymond berencana akan membuat PLTMH lagi di Ludoyo, yang diharapkan bisa cepat terealisasi, agar bisa memasok listrik di Kabupaten Blitar.

“Saat ini kira-kira memasok 9 juta kwh untuk sekitar 3 ribu rumah. Dengan tambahan pembangunan di Ludoyo nanti, maka bisa memasok listrik kepada masyrakat Kabupaten Blitar lebih banyak lagi”, jelasnya.

Sementara itu Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Totok Subihandono mengatakan, pihaknya sangat mendukung adanya PLTMH ini. Karena PLTMH ini sudah sesuai dengan visi misinya, yaitu membangun Kabupaten Blitar dari pinggiran.

“Tentu kami sangat mendukung dengan adanya PLTMH ini. Karena tentu listrik akan semakin bisa dinikmati masyarakat secara luas”, tandas Totok Subihandono. (jar/hms)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional