Pemerintahan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Dewanti Targetkan Tahun 2020 Batu Bebas Sampah

  • Kamis, 22 Februari 2018 | 01:53
  • / 6 Jumadil Akhir 1439
  • Dibaca : 94 kali
Dewanti Targetkan Tahun 2020 Batu Bebas Sampah

Memontum Kota Batu – Di Hari Peduli Sampah Nasional, Rabu.(21/2/2018) Pemerintah Kota Batu bertekad di tahun 2020 bisa bebas dari sampah. Dengan ikrar untuk menggapai cita-cita tersebut ada tiga gerakan seperti pilah sampah, pengelolaan sampah mandiri terpadu dan pengelolaan sampah terintegrasi.

Apel di halaman timur Balai Kota Among Tani juga diisi pembacaan deklarasi bebas sampah, penandatanganan pakta integritas peduli sampah, dan penyerahan simbolis bantuan sarana dan prasarasana dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan kita semua harus ikut bertanggung jawab atas kelestarian dan keberlangsungan sumber mata air yang mengalir sungai Brantas dan menghidupi 15 kota dan kabupaten selain Kota Batu. Untuk itu, selain harus melestarikan lingkungan kita wajib menjaga kebersihan dari sampah.

Menurut Natgeo, masing-masing kota di dunia menghasilkan sampah 1,3 miliar ton setiap tahun. Diperkirakan bahan kimia, pada tahun 2005 jumlah itu bertambah 2,2 miliar ton. Pengurangan timbulnya sampah hendaknya jadi prioritas utama dalam mengurangi timbulnya sampah.

” Ini hanya dapat dilakukan bila penghasil sampah itu sendiri menyadarinya. Salah satu penyebab timbulnya sampah adalah pola konsumsi masyarakat, dengan bertambahnya bahan yang dikonsumsi akan bertambah pula sampah yang dihasilkan. Perubahan pola hidup yang mendunia juga membawa masalah persampahan. Hal yang terlihat diantaranya adalah ketergantungan makanan dan minuman dalam kemasan yang menghasilkan plastik dan sejenisnya, ” ungkap wanita yang disapa Budhe ini.

Maka, lanjut Budhe, dirinya menghimbau supaya masyarakat Kota Batu kedepan tidak lagi membuang sampah sembarangan apalagi di sungai.

“Mari kita budayakan hal baik demi kebaikan kita sendiri. Kita harus memiliki tanggung jawab terhadap sampah yang kita hasilkan, ” harap Budhe.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional