Pemerintahan

iklan kpu kota malang
lenjag

Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PKB Gelar Dialog Interaktif Pemberdayaan UMKM

  • Kamis, 22 Februari 2018 | 20:16
  • / 6 Jumadil Akhir 1439
  • Dibaca : 113 kali
Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PKB Gelar Dialog Interaktif Pemberdayaan UMKM

Momentum Situbondo —- Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PKB, Ir HM Nasim Khan menggelar dialog interaktif Pemberdayaan Usaha Mickro Kecil Menengah (UMKM) dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Aula Desa Trigonco, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Rabu (22/2/2018).

Dalam sambutannya di hadapan peserta mahasiawa-mahasiswi Kerja Kuliah Nyata (KKN) dan masyarakat Trigonco, Nasim Khan mengatakan, kewirausahaan adalah nafas hidup bangsa Indonesia untuk membangun dan mengejar ketertinggalan dengan bangsa-bangsa lain dalam membangun bangsa sendiri dengan ide-ide kreatif, gagasan-gagasan segar, dengan langkah berwirausaha.

Indonesia memiliki banyak wirausahawan muda yang tangguh dan kuat dalam menghadapi perubahan perubahan dunia. Akan tetapi jumlahnya masih kecil dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia, masih sekitar 1 sampai 3%. Padahal untuk mencapai ketertinggalan itu setidaknya dibutuhkan 15% wirausahawan. Saat ini DPR sedang menyusun RUU kewirausahawan tujuannya adalah untuk melindungi para wirausahawan kita sekaligus membantu meningkatkan para warga negaranya yang berwirausaha”. Katanya.

Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, imbuh Nasim Khan, adalah salah satu wilayah di Indonesia yang masih mempunyai banyak potensi potensi yang belum digarap atau digali secara maksimal, disinilah peran generasi muda untuk bangkit berwirausahawan tentu dengan bantuan pemerintah dalam hal ini, Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan dan lain-lainnya.

Fokus utama berwirausaha di Indonesia yang tercantum dalam RUU Kewirausahaan, kata Nasim Khan, antara lain adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di desa, di pantai pantai, dan di batas-batas wilayah Indonesia dengan negara lain. “Saat ini warga Indonesia mayoritas penduduknya tinggal di desa desa yang masih menggantungkan hidupnya pada hasil bumi, tapi hasil tanah dan bumi itu dijual apa adanya tanpa pengolahan. Di sinilah dibutuhkan wirausahawan wirausahawan sejati yang tangguh menghadapi tantangan tersebut, ” tegasnya.

Bidang permodalan, kata Nasim Khan, juga ikut membantu berpartisipasi dalam menumbuhkan wirausahawan, antara lain dengan jalan bank bank BUMN memberikan kemudahan dalam permodalan simpan pinjam bagi wirausahawan wirausahawan pemula. (yud/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional