Pemerintahan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

RAPIJO Siap Bantu BPBD Bidang Sosial

  • Rabu, 28 Februari 2018 | 23:51
  • / 12 Jumadil Akhir 1439
RAPIJO Siap Bantu BPBD Bidang Sosial
Pengurus RAPIJO saat berada di kantor BPBD Sidoarjo (gus)

Memontum Sidoarjo — Puluhan pengurus RAPIJO (Radio Antar Penduduk Indonesia Sidoarjo) dari simpatisan, calon anggota, Rabu (28/2/2018) petang mendatangi kantor BPBD yang terletak di Jl Sultan Agung No.19 Sidoarjo. Kedatangan RAPIJO, bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sebagai wujud pemberdayaan masyarakat di bidang sosial.

Ketua RAPIJO di wilayah Sidoarjo,Wisnu Waskita menjelaskan, “RAPIJO adalah suatu komunitas bergerak di bidang sosial.Adanya kegiatan RAPIJO selama ini, dapat diakui BPBD Kabupaten Sidoarjo. Selain itu juga, dilibatkan secara aktif di dalam keposkoan, dan kegiatan-kegiatan langsung yang terjadi di lapangan seperti sismen atau penanganan bencana,” ucapnya.

Kepala Seksi Pencegahan,(kaos orange) Sunoto bersama pengurus RAPIJO dikantor BPBD Sidoarjo (gus)

Kepala Seksi Pencegahan,(kaos orange) Sunoto bersama pengurus RAPIJO dikantor BPBD Sidoarjo (gus)

“Kami bersyukur kegiatan selama ini, dapat memberikan sumbangsih. Dan tidak sekedar komunitas atau organisasi hanya beranggotakan pada berbasis radio komunikasi. Selanjutnya, kedepan selepas dari PosdalOps kantor BPBD Sidoarjo. Kita pun tidak lepas begitu saja, melainkan Posbankom RAPIJO tetap bekerjasama dengan BPBD Sidoarjo. Secara intens terhadap setiap kejadian terjadi di wilayah Kabupaten Sidoarjo,” ungkap Wisnu Waskita

“Allhamdulillah, sampai bulan awal Februari 2018 tercatat sudah sebanyak 340 personil anggota kami di seluruh Kabupaten Sidoarjo. Dari mereka-mereka juga, informasi-informasi cepat, akurat, yang dapat disampaikan ke BPBD Sidoarjo. Pada intinya, terhadap anggota baru, simpatisan maupun calon baru kami membuka selebar-lebarnya. Namun tidak ada paksaan, intimidasi tetapi panggilan nurani hati. Itupun nantinya akan di berikan pengarahan serta pelatihan,” jelas Wisnu Waskita.

Terpisah Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito melalui Kepala Seksi Pencegahan, Sunoto mengatakan, “Terkait kegiatan RAPIJO di Sidoarjo, pada posko kesiapsiagaan sangat membantu BPBD Sidoarjo. Berdasarkan komitmen dan kemauan, membantu masalah kebencanaan di wilayah Kabupaten Sidoarjo dengan harapan tetap kondusif. Kami benar-benar berterima kasih kepada RAPIJO,” terangnya.

Ditambahkan Sunoto, “Kami berharap kepada RAPIJO, paling tidak bisa membaca situasi khususnya di kebencanaan di kantor BPBD. Sehingga kedepan antara relawan termasuk RAPIJO, dapat membentuk suatu jaringan, keharmonisan. Program pembinaan di BPBD itu pasti ada. Namun sebelumnya mari relawan-relawan mendekat setelah itu mengambil langkah-langkah berikutnya.”

“Lalu bagimana ketika terjadi bencana, relawan khususnya RAPIJO sendiri harus berbuat apa. Minimal ada dasar dan pembekalan, jika di butuhkan dengan struktur yang ada RAPIJO dapat mewadahinya,” pungkasnya. (gus/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional