Pemerintahan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Kemenpar Bantu Pengembangan Wisata Boon Pring Sanankerto Turen

  • Senin, 16 Oktober 2017 | 15:34
  • / 25 Muharram 1439
  • Dibaca : 137 kali
Kemenpar Bantu Pengembangan Wisata Boon Pring Sanankerto Turen
Serahkan Bantuan: Didampingi Bupati Malang,Dr.H.Rendra Kresna,Oneng SetyaHarini Serahkan Bantuan Sarana Prasarana Wisata Boom Pring. (sur)

# Tindak Lanjut Penetapan 30 Desa Wisata di Jawa Timur

Memontum Kabupaten Malang – Janji Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI untuk mendukung semua upaya pengembangan wisata berbasis masyarakat di suatu daerah langsung dibuktikan di Wisata Boon Pring Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang Sabtu(14/10/2017) kemaren.

Bantuan tersebut berupa peralatan dan sarana prasarana khusus untuk pengembangan wisata setempat.  Dengan didampingi Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna, Oneng Setya Harini Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi Pariwisata Kemenpar RI menjelaskan, bantuan ini diberikan untuk mendukung usaha masyarakat mengembangkan Ekowisata Boon Pring Andeman. 

“Kami bantu peralatan dan sarana prasarana untuk menunjang pengembangan wisata di sini di antaranya 2 unit sepeda air, 2 unit kendaraan pengangkut sampah, 2 paket peralatan kerajinan, 5 set pakaian kesenian, dan 25 set pakaian tenaga keamanan,” ujarnya. 

Dikatakan, bantuan tersebut diberikan sebagai tindak lanjut penetapan 30 desa wisata di Jawa Timur sebagai pilot project,salah satunya ada di Kabupaten Malang yaitu Cafe Sawah Pujon Kidul. Ekowisata Boon Pring Andeman diharapkan akan menyusul kesuksesan desa wisata yang lain.

Tak hanya itu, lanjut dia, untuk mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia khususnya terkait pengembangan desa wisata di seluruh Indonesia, pihaknya telah bekerjasama dengan Kementerian Desa.

Kerjasama ini dilakukan agar dana desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat bisa dimanfaatkan untuk membantu mendanai pengembangan potensi desa wisata di masing-masing daerah. 

Selain memanfaatkan dana desa untuk mengembangkan desa wisata, Kemenpar juga akan memanfaatkan anggaran APBN di masing-masing kementerian untuk support  pendanaan. 

“Sementara ini, kami masih belum menyusun anggaran khusus untuk membantu desa wisata yang rencana akan dikembangkan di seluruh Indonesia. Sementara, bantuan hanya bisa kami berikan kepada 30 desa wisata yang jadi pilot project,” jelasnya.

Selanjutnya, hari Selasa (17/10/2017) Kemenpar akan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada 40 orang pengelola home stay di Ekowista Boon Pring Andeman, Desa Sanankerto. 

“Kemenpar juga akan mempromosikan potensi desa wisata ini secara digital. Seluruh pelaku wisata harus menyiapkan bahan dan materi tentang potensi wisata di desanya. Selanjutnya, kami akan publish semua potensi wisata itu di laman promosi resmi,”pungkasnya. (sur/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional