Pemerintahan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Usir Kejenuhan, Warga Binaan Lapas Lamongan Hasilkan Karya Seni Kriya Menarik

  • Minggu, 8 Juli 2018 | 19:53
  • / 24 Syawal 1439
  • Dibaca : 53 kali
Usir Kejenuhan, Warga Binaan Lapas Lamongan Hasilkan Karya Seni Kriya Menarik
Sampurno, salah seorang warga binaan lapas menunjuk sebuah miniatur perahu berukuran besar yang pada beberapa bagian seperti layar dan dek perahunya menggunakan bekas botol minuman ringan

Memontum Lamongan – Bermula dari mengusir rasa bosan dan kejenuhan, warga binaan di Lapas Klas IIB Lamongan, menghasilkan karya seni kriya yang sungguh menarik. Seni kriya tersebut yakni berupa kerajinan dari gulungan kertas koran. Bahkan, kerajinan hasil olah tangan itupun kini bersanding bersama sejumlah kerajinan tangan dari warga lain di Lamongan.

Dari gulungan kertas koran ini, warga binaan berhasil membuat miniatur perahu pinisi, miniatur komedi putar, miniatur motor dan juga tempat tissue yang cantik.

“Awal membuat kerajinan tangan seperti ini karena untuk mengusir kejenuhan selama menjalani masa hukuman,” kata salah seorang warga binaan Sampurno alias Semprong yang membuat hasil karya seni kriya. Minggu (8/7/2018).

Sampurno yang divonis hukuman selama 2 tahun ini mengatakan, pembuatan kerajinan tangan dari gulungan kertas koran ini sangat mudah, yakni awalnya, kertas koran yang sudah disiapkan digulung dengan terlebih dahulu diberi lem. Setelah digulung bersama lem, kertas itu digulung lagi dengan mencampurkannya dengan lem sesuai keperluan ukuran.

“Besar kecilnya gulungan kertas koran dan lem tadi disesuaikan dengan maket yang akan dibuat,” kata Sampurno yang sudah menjalani lebih dari separuh masa hukumannya ini.

Lebih lanjut, Sampurno mengungkap, untuk membuat sebuah miniatur kapal yang besar, Ia bersama teman-temannya tidak membutuhkan waktu yang lama, sehari saja bagi mereka sudah bisa menyelesaikan miniatur tadi sesuai dengan tingkat kesulitannya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional