Pemerintahan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Gagal Panen Padi, DTPH Upayakan Petani Dapat Back Up Penuh Dari AUTP

  • Senin, 9 Juli 2018 | 19:08
  • / 25 Syawal 1439
  • Dibaca : 43 kali
Gagal Panen Padi, DTPH Upayakan Petani Dapat Back Up Penuh Dari AUTP
Persawahan yang gagal panen akibat kekurangan pasokan air

Memontum LamonganPetani di sejumlah desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Lamongan saat ini mengalami gagal panen akibat kurangnya pasokan air di musim kemarau tahun ini. Diantaranya terjadi di wilayah Kecamatan Pucuk, Sarirejo, Tikung dan Mantup.

“Kita berharap, Pemerintah daerah Lamongan mencarikan solusi terkait gagal panen akibat kekurangan air ini. Sehingga di tahun-tahun mendatang tidak berulang lagi,” kata Mustahal, sorang petani warga Kecamatan Pucuk.

Disisi lain, dengan adanya gagal panen itu, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Kabupaten Lamongan berupaya agar petani di Lamongan yang gagal panen di musim ini mendapat back up penuh dari Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Namun, untuk bisa mendapat back up penuh dari Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) ini Kelompok Tani harus diperbaiki, termasuk terkait badan hukumnya.

“Perencanaan KLP diperbaiki, dan diupayakan dapat back up dari AUTP secara penuh,” kata Sekertaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Lamongan, Rudjito, Senin (9/7/2018).

Menurut Rudjito, Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) sendiri akan menjamin para petani jika terjadi kegagalan panen yang disebabkan oleh banjir, kekeringan dan serangan hama. Asuransi tersebut dikeluarkan pemerintah untuk mengcover atau melindungi petani dari kegagalan dalam usaha taninya.

Sementara itu, Direktur Lamongan Wacth, Shobikin Amin menyebutkan gagal panen tersebut juga disebabkan akibat kurang maksimalnya pengelolahan Waduk, termasuk Waduk Desa. Sehingga waduk yang seharus di saat seperti saat ini mampu memberi atau mengairi sawah namun justru turut mengering.

“Menagemen pengelolahan air waduk harus dilakukan pengawasan yang ketat. Karena tujuan dibangun waduk, utamanya waduk desa atau embung adalah untuk menampung air dan akan digunakan untuk kepentingan pertanian utamanya seperti saat musim kemarau,” ujarnya. (ifa/zen/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional